Minggu, 18 Desember 2011

Jenglot,Benda Keramat,Hantu

Banyak orang yang bertanya-tanya tentang jenglot. Sampai sekarang masalah itu masih menjadi perdebatan dan teka-teki apakah jenglot hidup atau sudah mati yang misterius dikalangan masyarakat, dan pada umumnya masyarakat Jawa. Karena dalam masyarakat Jawa itu masih kental dengan adanya hal-hal yang mistis, salah satunya tentang jenglot ini.
Jenglot adalah sebuah makhluk yang hidup layaknya manusia yang diyakini mempunyai kekuatan gaib dengan tubuh kerdil tidak lebih dari 12 cm yang memiliki gigi dan kuku yang runcing, sehingga membuat orang yang melihat takut.
Selain itu jenglot juga mempunyai rambut panjang yang tebal dan jarang. Banyak masyarakat yang meyakini jenglot dulunya adalah seeorang manusia yang telah mempunyai ilmu sakti dan mati dalam pertapaannya, lalu tubuhnya menciut dan tidak mengurai, dikarenakan jasadnya tidak diterima oleh bumi. Maka, sejak saat itu masyarakat meyakini jenglot adalah manusia.
Beberapa orang sakti saat ini banyak yang meyakini bahwa jenglot mempunyai kekuatan gaib, maka tidak sedikit dari mereka yang memeliharanya dengan cara memberi darah sebagai makanannya. Setetes darah biasanya diberikan setiap periode, selama 35 hari dan tepatnya pada hari jumat legi. Apabila hal atau ritual itu tidak dilakukan maka akan ada kesialan yang akan menimpa penduduk sekitarnya. Hal ini membuat masyarakat bertanya-tanya lagi, sebenarnya jenglot itu merupakan manusia ataukah hantu jenglot belaka yang menyerupai manusia kecil yang mempunyai bagian seperti kepala, tangan, kaki dan rambut yang panjang.
Ditinjau dari segi ilmiah, secara luaran fisik bentuk jenglot menyerupai manusia. Tetapi setelah diadakan beberapa penelitian yang mendalam lagi ternyata struktur tubuh jenglot berbeda dengan manusia, karena ternyata jenglot tidak mempunyai struktur tulang layaknya manusia. Hanya ada struktur tulang penyangga dari kepala sampai badan, selain itu tidak ditemukan juga jaringan kuku dan gigi. Sebenarnya dalam penelitian itu sempat ditemukan juga segumpal daging, tapi belum bisa dipastikan apakah itu daging atau bahan lainnya.
Dari hari ke hari semakin banyak ditemukan berbagai jenis jenglot di Indonesia. Tetapi tetap saja belum ada yang menyimpulkan apakah jenglot itu. Tetapi penelitian menyimpulkan bahwa jenglot memang mempunyai karakteristik seperti manusia dan mempunyai suatu energy yang besar. Dan percaya atau tidak hal ini memang ada di dalam kehidupan masyarakat. Tetapi kita sebagai orang yang beriman jang sampai kita terjerumus ke dalam hal-hal yang berbau mistis seperti halnya jenglot yang nantinya bisa membawa kita pada kesyirikan.


Pernahkah kamu melihat sesosok makhluk halus yang ada di lingkungan sekitar, atau mendengar dari teman? Jika kita telusuri, ada banyak macam makhluk yang ada di dunia ini. Sebagai orang yang beriman kita harus mempercayai akan hal itu. Pada umumnya makhluk-makhluk ghaib tersebut ada di tempat-tempat yang angker, gelap, tidak terawat dan sebagainya. Sebut saja hantu sebagi salah satu makhluk ghaib yang kerap kali kita dengar. Hantu secara global adalah sebutan bagi sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan setelah mati. Sesekali kita atau teman kita pasti pernah merasakan dan melihat penampakan hantu di sekeliling mereka.
Jika kita telusuri akan misteri hantu, kita akan mendengar bahwa untuk banyak orang yang menganut kepercayaan terhadap Tuhan, mereka akan melihat dan menanggapi bahwa makhluk ini mempunyai kedudukan yang baik dari pada makhluk ghaib lainnya, seperti halnya iblis. Akan tetapi, jika kita bandingkan dengan negara berkembang, masyarakat lebih banyak tidak mempercayai adanya penjaga atau penunggu di suatu tempat. Mereka lebih menitik beratkan pada logika bahwa tidak ada makhluk ghoib, hantu, setan, dll pada era modernisasi. Oleh sebab itu, oleh sebagian kalangan mereka tidak mempercayai akan adanya makhluk mistis tersebut.
Jadi, kesimpulannya adalah makhluk ghaib atau hantu itu ada atau tidak hanya terdapat pada kepercayaan kita. Namun, jika kita lihat berdasarkan lingkungan sekitar dan tentunya adanya hidup dan mati, tentu semua itu akan nampak jelas bahwa sebelum dan sesudah kehidupan pasti ada sesuatu yang mendahuluinya. Semua kita serahkan pada kepercayaan masing-masing individu.


Kita mungkin pernah melihat begitu banyak keris atau benda-benda pusaka atau keramat lainnya yang dimiliki tetangga kita. Atau mungkin kita melihat benda-benda aneh dan seram yang dimiliki seseorang, khususnya seseorang yang dipercaya memiliki ilmu yang bisa menembus alam ghaib seperti dukun, paranormal bahkan kiyai. Mereka dipercaya memiliki kemampuan yang lebih melebihi manusia pada umumnya.
Hal itu disebabkan karena mereka telah melewati beberapa tahapan yang menjadi syarat wajib untuk membuka tabir antara dunia manusia dan dunia ghaib. Namun, perlu kita garis bawahi bahwa dalam memahi kemampuan atau ilmu seperti ini ada dua jenis yaitu ilmu yang baik yang melandaskan ayat-ayat suci Al-Quran dan serentetan puasa, tidak melakukan maksiat dan hal-hal keduniaan yang dapat menghilangkan itu. Dan ada pula yang melandaskan pada ayat-ayat setan, menginjak-injak Al-Quran agar bisa memperoleh kemampuan tersebut seperti yang dilakukan seorang dukun atau pencari ilmu dengan kesesatan.
Dalam kehidupan kita sudah barang pasti mengenal yang namanya jenglot. Jenglot adalah salah satu jenis makhluk ghaib yang memiliki ukuran tubuh sangat kecil seukuran telapak tangan manusia. Jenglot memiliki taring dan rambut yang panjang. Makanan jenglot adalah darah dan setiap malam-malam tertentu dia akan dimandikan dengan ritual lengkap. Selain jenglot, keris juga dipercaya mempunyai kekuatan mistis didalamnya.
Keris seperti ini biasanya juga akan dipergunakan pemiliknya untuk beberapa keperluan, seperti penjaga pemiliknya dari gangguan orang, pesugihan, menampakkan wibawa pemiliknya dan sebagainya. Kesimpulannya, jenglot maupun keris dan benda-benda mistis lainnya dipercaya mampu memberikan perlindungan, keselamatan, pesugihan dan lain sebagainya. Akan tetapi kita sebagai manusia yang beriman harus tidak mempercayai itu. Karena semua rizki, keselamatan, perlindungan hanya Allah SWT semuanya berasal.

sadarkah kalian bahwa disekitarmu juga hidup sekumpulan makhluk halus? Atau kalian pernah mengetahui atau mendengar tentang santet? Jika kita mendengar kata kedua ini saya yakin anda akan langsung berpikir akan sesuatu yang mengerikan, dan berbau mistis. Biasanya santet dilakukan karena dendam. Seseorang rela melakukan hal yang mengerikan ini karena dendam yang berakar. Bisa jadi karena harta gono gini, atau urusan wanita. Banyak hal lain yang memicu seseorang melakukan santet. Jika kita lihat dari sejarahnya, santet adalah suatu ilmu hitam yang dilakukan guna upaya mencelakai orang lain dari jarak jauh yang dikarenakan urusan nafsu hati. Santet di Jawa dikenal dengan istilah tenun atau teluh. Cara yang dilakukan atau media yang dipergunakanpun bermacam-macam. Seperti rambut, telur, foto, boneka mainan orang, paku, darah dan lain sebagainya.
Akibat yang ditimbulkan kadang orang yang terkena santet mengalami penyakit yang tidak wajar, seperti perut membuncit, penyakit yang tidak kunjung sembuh dan lain-lain. Karena ilmu hitam satu ini mengantarkan sesuatu, tidak jarang orang yang terkena santet akan mengeluarkan pecahan kaca, paku, belut dan media penghantar lain dari mulutnya. Anda bisa bayangkan betapa seramnya ilmu sesat dan sangat dilaknat Allah ini. Selain santet, pelet, pesugihan dan babi ngepet, juga merupakan bagian dari hitam. Dimana hakekat ilmu hitam adalah digunakan untuk mengendalikan alam. Kejadian ini dimaksudkan adalah objek, manusia, atau peristiwa fisik melalui mistik. Ilmu ini identik dengan ilmu sihir yang menyekutukan kebesaran Allah. Naudhubilla mindalik…

Terima Kasih sudah membaca artikel saya^^

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...